Jumat, 13 November 2015

MANASIK HAJI IMPLEMENTASI PELAJARAN FIQIH

Al-Zaytun, Selasa (26/05). Seluruh santri Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) datang ke Gedung Pembelajaran Umar Ibnu Khattab dengan memakai pakaian putih-putih. Hari itu mereka akan melaksanakan latihan manasik haji yang merupakan implementasi materi pelajaran fikih. Di akhir semester, diharapkan santri bisa mempraktikannya dengan benar.


Rangkaian manasik haji diawali dari Gedung Ummar Ibnu Khattab yang dijadikan sebagai Yalamlam yakni Miqot makani jama’ah Indonesia. Selanjutnya seluruh peserta berjalan sesuai dengan kelompok menuju lapangan Medan Satria Wiratama yang sudah disiapkan oleh guru sebagai tempat pelaksanaan manasik haji 2015. Sepanjang perjalanan mereka kompak membaca kalimat talbiyah.

Arafah adalah tempat pertama yang dituju untuk melaksanakan wukuf. Setelah wukuf dilanjutkan menuju Muzdalifah mencari batu kerikil persiapan melempar jumroh. Usai mendapatkan jumlah batu yang sesuai kebutuhan, mereka meneruskan perjalanan menuju Mina melaksanakan ibadah melempar Jumroh Al-Aqobah, Jumroh Al-Wustho, dan Jumroh Al-Ula. Berikutnya peserta menuju ke Mekkah untuk melaksanakan Thowaf  kemudian menuju bukit Shaffa dan Marwah melaksanakan Sa’i. Selanjutnya peserta melakukan Tahalul, yaitu memotong minimal tiga helai rambut. Terakhir peserta meminum air zam-zam.


Walaupun latihan, seluruh santri tampak sangat khidmat dalam mengikuti rangkaian demi rangkaian kegiatan manasik haji. Dan kegiatan ini diakhiri dengan berdoa bersama kepada Allah semoga diberikan keberkahan selama kegiatan dan diberikan kemudahan untuk melaksanakan ibadah Haji di kemudian hari. (Iqbal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar